Sunday, February 28, 2016

Mengatasi Error pada Photoshop (Part 2)



Seperti yang sudah dijelaskan melalui artikel sebelumnya yang dapat dibaca di sini, salah satu masalah terjadinya error pada aplikasi pengedit foto mutakhir, Photoshop, ialah kurangnya kapasitas RAM yang dapat digunakan. Secara default, Photoshop hanya mengizinkan kita untuk menggunakan 60 sampai 70% dari total RAM yang tersedia, dengan pertimbangan sisanya mungkin akan dibutuhkan oleh kita untuk menjalankan aplikasi lain, misalkan ketika mengkehendaki aktivitas mengedit foto sambil mendengarkan musik, atau surfing di dunia maya. Sederhananya, ketika Photoshop kekurangan RAM, sesungguhnya itu bukan karena aplikasi tersebut telah menguras habis total RAM yang terbenam dalam unit komputer kita, tetapi hal tersebut terjadi memang karena adanya batasan yang diterapkan oleh pengembang secara setting default.

Sebagai part 2 dari tutorial yang membahas soal antisipasi serta solusi error pada Photoshop, di sini kita akan mempelajari cara untuk meningkatkan alokasi RAM bagi Photoshop. Pertama, jalankan Photoshop, lalu klik menu Edit > Preferences > Performance.



Sebuah windows akan terbuka. Klik tanda + seperti yang penulis tandai di bawah untuk menambah jatah RAM bagi Photoshop. Namun, perlu dipahami bahwa penambahan belasan persen saja sudah memiliki peningkatan performa Photoshop yang signifikan, dan hindari untuk menerapkan pengaturan—katakanlah ‘lebay’—dengan nilai maksimal 100% (seluruh ketersediaan RAM), karena hal tersebut justru berpotensi mendatangkan masalah! Sangat disarankan untuk tidak melampaui Ideal Range, atau apabila memang sangat mendesak, maksimal tidak melebihi nilai 85%. Setelah itu, simpan setting baru, dan hidupkan ulang Photoshop.



Nilai Ideal Renge sendiri ditentukan oleh hardware RAM yang ada pada komputer bersangkutan, sehingga angka yang terlihat melalui capture di atas bisa saja berbeda dengan yang terlihat pada komputer Anda. Yang perlu dijadikan tolok ukur tentu nilai yang terlihat pada komputer Anda, bukan nilai pada capture di atas. Apabila setelah penambahan jatah RAM diterapkan Photoshop masih saja mengalami masalah kekurangan RAM, itu menandakan bahwa kebutuhan Anda melebihi kapasitas RAM yang dimiliki oleh komputer bersangkutan. Standarnya adalah 4 sampai 8 GB, atau di atasnya.

Demikianlah tutorial kali ini. Anda mungkin tertarik membaca sejumlah artikel dengan label Photoshop di sini. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment