Thursday, February 11, 2016

Cara Menghilangkan Objek pada Foto dengan Photoshop (Part 2)



Sebelumnya kita telah mempelajari cara praktis untuk menghilangkan suatu objek pada foto dengan Photoshop, melalui fitur Fill. Anda dapat membacanya di sini. Namun, Fill atau yang lebih dikhususkan dengan setting Content-Aware, hanya bekerja pada versi Photoshop CS5 atau yang lebih tinggi. Untuk itu, di sini kita akan mempelajari cara alternatif menghilangkan suatu objek yang dapat dilakukan dengan versi Photoshop lama. Meskipun—tak terpungkiri—prosesnya tergolong lebih rumit, tetapi inilah satu-satunya cara terbaik yang bisa dicoba selain menggunakan metode Fill.

1. Jalankan Photoshop dan buka file foto bersangkutan. Penulis menggunakan sebuah foto mobil yang diambil dari Pixabay, dan kita akan menghilangkan kode pada plat mobil tersebut.



2. Gunakan Pach Tool (tekan Shift+J hingga berhasil memilihnya) untuk mulai melakukan seleksi pada objek, dengan cara menahan tombol kiri mouse sambil melingkari objek. Tujuan kita melakukan seleksi ialah memilih area atau objek yang akan dihilangkan, lalu  menambalnya dengan area lain. Apabila area seleksi semakin luas, maka umumnya (pada step 3 nanti) kita menjadi sulit menemukan area lain yang cocok untuk menambalnya. Jadi, untuk hasil yang baik, disarankan area yang dipilih di sini cukup sedikit saja. Misalkan kode “OMG 77”, kita cukup memilih “O” terlebih dulu.




3. Usai melakukan seleksi, masih dengan Patch Tool, arahnya icon (cursor) ke bagian dalam area seleksi, tahan tombol kiri mouse lalu seret bentuk seleksi tersebut ke area lain yang hendak digunakan sebagai objek penambal, kemudian lepaskan tombol. Sebagai contoh, latar dari objek “O” (warna dasar plat) adalah abu-abu, maka di sini penulis menyeretnya ke area sekitar awan yang juga berwarna abu-abu, dan secara otomatis warna abu-abu dari awan pun digunakan untuk menambal objek “O”, kemudian menjadi selaras dengan warna abu-abu dari warna dasar plat. Usah gusar bila tak menemukan area dengan warna yang 100% mirip, tetapi cukup memilih yang termirip, dan selanjutnya Photoshop dapat secara otomatis memperbaikinya.



4. Hilangkan seleksi dengan Ctrl+D, dan Anda dapat melihatnya seperti contoh di bawah, objek “O” telah menghilang!



5. Terapkan hal yang sama untuk objek “M”, “G”, dan seterusnya.



6. Ini tak selalu terjadi, tetapi bisa dikatakan hampir selalu terjadi, di mana setelah objek berhasil dihilangkan, area baru yang digunakan untuk menambalnya terlihat masih kurang selaras, terdapat objek-objek kecil yang tak jelas, atau efek bayangan yang menjadi lari. Untuk mengatasinya, cobalah lakukan seleksi pada objek-objek kecil bersangkutan, lalu tambal lagi dengan warna dari area lain.



Demikianlah tutorial kali ini. Beda kondisi mungkin beda penanganan. Namun, biasanya tak berbeda jauh, dan Anda cukup melakukan beberapa kali percobaan hingga berhasil. Mungkin Anda juga tertarik membaca tutorial mengantisipasi error pada Photoshop melalui link ini. Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment