Wednesday, July 24, 2013

Cara Mengatasi Program Error pada Komputer Windows



Program yang error telah menjadi hal yang tak terpisahkan dari aktivitas berkomputer. Dalam kondisi error yang ringan, biasanya kita cukup membuka Task Manager dengan kombinasi tombol Alt+Ctrl+Delete, kemudian End Task pada program bersangkutan yang ditandai dengan status Not Responding pada tab Applications. Tetapi, untuk tahap error yang lebih parah, terkadang program tersebut tidak tercantum pada tab Applications. Beberapa contoh yang paling umum terjadi, kita baru saja coba menjalankan sebuah program—misalkan browser—tetapi setelah bermenit-menit berlalu program tersebut tidak juga terbuka, sementara ketika kita coba mengeklik exe bersangkutan sekali lagi tetap tak ada reaksi. Hal demikian biasanya terjadi karena komputer baru menyala dan sistem belum berjalan secara stabil, atau terlalu banyaknya jendela yang dibuka sehingga sistem menjadi sibuk. Dan karena program belum benar-benar aktif—meskipun exe-nya telah aktif—maka program tersebut tidak akan terlihat pada tab Applications ataupun bar di bagian bawah layar komputer.
Cara untuk mengatasi program error dengan ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas ialah dengan mematikan kembali exe dari program bersangkutan. Ikuti langkah-langkah berikut.
1. Aktifkan Task Manager dengan kombinasi tombol Alt+Ctrl+Delete.
2. Berpindah pada tab Processes.
3. Pada tab Processes Anda akan melihat banyak nama-nama exe yang tengah berjalan. Tujuan kita adalah menemukan exe dari program yang tengah error kemudian mematikannya. Berhati-hatilah untuk tidak sembarangan mematikan exe yang tidak Anda kenali fungsinya. Apabila Anda telah berhasil menemukan exe dari program yang sedang error, bidik dan kemudian End Process.
4. Anda akan melihat sebuah jendela Task Manager Warning yang meminta konfirmasi Anda. Klik Yes jika Anda sudah yakin.
Sampai di sini, semestinya program bersangkutan telah berhasil dimatikan, jika Anda melakukannya dengan benar. Untuk coba kembali menjalankan program, silakan klik exe tersebut kembali seperti biasa.
Tutorial singkat ini juga dapat diterapkan pada Anda yang mungkin sering berhadapan dengan masalah program modem yang lengket di layar begitu modem dicolokkan ke USB port.
2L, 2013

No comments:

Post a Comment