Friday, January 17, 2014

Tutorial Aiseesoft Total Video Converter Platinum: Cara Mengubah Type File Video dan Audio

Anda sedang membaca salah satu dari rangkaian tutorial Aiseesoft Total Video Converter Platinum. Untuk membaca tutorial lainnya, serta informasi tentang Aiseesoft Total Video Converter Platinum selengkapnya, silakan kembali ke Intro.

Untuk tutorial kali ini, kita akan mempelajari cara mengubah type dari suatu file video atau audio, semisal dari FLV menjadi MP4, 3GP, atau MP3 menjadi AMR, dan lain sebagainya. Tujuannya ialah agar file tersebut dapat dijalankan pada berbagai perangkat, semisal PSP, ponsel Android, Symbian, iPhone, PS3, dan lainnya. Pastikan komputer Anda telah terinstal software Aiseesoft Total Video Converter Platinum.
1. Jalankan Software.

2. Gunakan metode drag and drop untuk memasukkan file video/audio yang akan  kita convert menjadi type lain ke dalam window Aiseesoft Total Video Converter Platinum. Selain menggunakan metode drag and drop, Anda juga dapat menggunakan cara mengeklik tombol “Add File”.

3. Pilih profile yang diinginkan, misalkan MP4, 3GP, dan lainnya. Dalam Aiseesoft Total Video Converter Platinum, telah tersedia beragam jenis profile perangkat modern, semisal Apple iPad, Apple iPhone, Apple TV, Android, Nokia, BlackBerry, Mobile Phone, dan masih banyak lagi.

4. Untuk penyesuaian tambahan, Anda boleh mengeklik tombol “Setting”. Sebuah window akan terbuka. Dari sini, Anda dapat mengubah resolution video, frame rate, video bitrate, audio bitrate, dan lainnya. Umumnya, setting di sini akan berpengaruh pada size dan kualitas video. Kualitas yang tinggi akan membutuhkan size yang besar, demikian juga sebaliknya. Jika sudah selesai, klik “OK”.


5. Anda dapat melihat preview dari hasil akhir video nantinya, dengan layar beserta opsi preview yang berada di sebelah. Jika segalanya telah sesuai, klik “Convert”.

6. Tunggu progress-nya hingga selesai. Klik “Completed” bila total progress telah mencapai 100%.

Tips:
Selama berlangsungnya progress konversi, Anda dapat menghentikan sesaat atau membatalkan tindakan konversi, dengan mengeklik “Pause” dan “Stop”. Anda juga dapat memilih “Shut down computer” dari  bagian after done, maka komputer akan otomatis mati begitu proses selesai. Fitur ini bermanfaat bagi yang berencana melakukan konversi berskala besar yang membutuhkan waktu lama, sementara Anda dapat meninggalkannya untuk pekerjaan lain. Sedangkan apabila Anda mencentang “Open output folder”, maka komputer akan secara otomatis mengantarkan Anda pada lokasi folder penyimpanan bersangkutan.


No comments:

Post a Comment