Thursday, July 23, 2015

Mengatasi Urutan Chat pada BBM Group yang Kacau



Bagi sejumlah pengguna fitur BBM group, mungkin pernah mengalami masalah di mana urutan pada chatbox tersebut tak sesuai, seperti adanya user tertentu yang komentarnya selalu tersusun di paling bawah (menjadi komentar terbaru) dan padahal sesudahnya masih ada banyak komentar lainnya yang justru semestinya menempati posisi lebih di bawahnya itu. Contoh kebalikan juga berlaku di sini. Misalkan ada juga komentar dari user tertentu yang bukan selalu tersusun di paling bawah, tetapi justru di atas sejumlah komentar yang semestinya mendahuluinya.

Ada yang mencoba 'mendepak' si user bermasalah keluar dari BBM group, baru di-add ulang lagi. Namun ini tidak menyelesaikan masalah.

Hal yang perlu dipahami sebagai faktor masalah justru ialah terdapatnya ketidakselarasan waktu atau jam yang diterapkan pada masing-masing gadget, sehingga chatbox miilk bersama itu menjadi kacau. Misalkan, waktu asli adalah pukul 20.11, tetapi ada anggota yang jam di gadget-nya lebih cepat 10 menit (pukul.20.21), maka--berdasarkan perbandingan pukul 20.11 dan 20.21--sistem akan selalu menandai 20.21 sebagai komentar terakhir atau komentar terbaru yang layak berada di bawah. Contoh kebalikan berlaku di sini. Ketika ada user yang jam pada gadget-nya lebih lambat 5 menit saja (pukul 20.06), sistem menandai setiap komentar user itu sebagai komentar lebih awal, dan menempatkannya di posisi atas.

Siapa yang akunnya paling berpotensi mengacaukan chatbox? Para user Android yang gemar bermain game secara curang mencuri nyawa, dengan trik menggeser waktu yang ada pada gadget agar lebih cepat satu jam atau satu hari, sehingga dengan lekas memeroleh jatah nyawa harian. Namun ini hanya intermeso dan tidak selalu mutlak di samping adanya ketidaksengajaan yang tentu tak baik bila si user kita salahkan.

Jadi, untuk mengatasi masalah kacaunya chatbox BBM group, selaraskanlah jam di setiap gadget. Mengatifkan fitur otomatis dalam penyesuaian jam pada gadget sangat direkomendasikan. Fitur tersebut akan secara otomatis menerapkan waktu paling tepat berdasarlan zona waktu.




2L, 2015

No comments:

Post a Comment