Monday, December 15, 2014

Cara Sederhana Mengatasi Masalah Aplikasi Android

Mungkin banyak di antara kita yang belum apa-apa sudah keburu panik setiap mendapati masalah pada aplikasi Android, kemudian dibawa ke teknisi. Di sisi lain, mungkin kita juga memvonis, oh, ternyata gadget Android itu banyak masalahnya--mudah rusak!

Padahal, tidak demikian. Berdasarkan uji coba penulis untuk beberapa OS, Android justru adalah OS yang bandel. Kalaupun satu atau dua aplikasi bermasalah, itu bukan berarti rusak. Selama tidak ada kerusakan hardware atau OS--akibat perombakan tidak teratur yang dilakukan user sendiri--masalah pada aplikasi Android bisa diatasi cukup setelah menit!

Apa yang dimaksudkan masalah pada aplikasi?

Masalah bisa mencakup banyak hal, apakah itu BBM tidak bisa login, Camera360 tidak terbuka, atau browser yang tidak terhubung ke jaringan (padahal aplikasi lain lancar terhubung ke jaringan), icon yang hilang, dan apa pun itu. Tak peduli aplikasi apa pun, dan setiap ada respons atau kinerja yang tidak semestinya, berarti kita bisa mencoba cara sederhana dari artikel ini untuk memulihkannya.

Hal pertama, cobalah masuk ke Setelan > Aplikasi > nama aplikasi bersangkutan. Selanjutnya, tap Hapus cache.

Coba cek apakah aplikasi sudah pulih atau belum. Jika setelah hapus cache masalah belum terselesaikan, masuk lagi ke Setelan > Aplikasi > nama aplikasi bersangkutan. Kali ini tap Berhenti paksa.

Cek lagi aplikasi bersangkutan, sudah pulih atau belum. Jika tetap belum, cara yang lebih 'ekstrem' terpaksa perlu dilakukan. Kembali ke Setelan > Aplikasi > nama aplikasi bersangkutan. Tap Hapus data.

Penting! Dengan menghapus data, maka aplikasi kita akan di-reset kembali seperti pertama diinstal. Jika itu browser, maka setiap bookmark dan history akan hilang. Jika itu game, setiap kemajuan yang telah tercapai juga hilang. Ada juga yang mungkin akan kembali meminta mengunduh sejumlah data yang dibutuhkan (khusus game HD biasanya). Namun, umumnya dengan menghapus data hampir semua masalah aplikasi error terselesaikan. Ya, setidaknya tak perlu habis biaya perbaikan untuk seorang teknisi (jika masalah terselesaikan).

Jika aplikasi tetap tidak pulih, kecurigaan berikutnya adalah mungkin bukan aplikasi yang error, bisa itu masalah hardware, OS, atau server dari provider (bila masalah adalah gangguan koneksi). Jalan terakhir yang tersisa--sebelum terpaksa diserahkan ke teknisi--ialah instal ulang aplikasi.

Andai masalah ada pada OS, sebenarnya masih ada satu cara yang bisa dilakukan sendiri, yaitu flash Android bersangkutan. Namun, untuk yang satu ini penulis benar-benar tidak menganjurkannya bagi pengguna yang tidak terampil di bidang teknologi. Jadi, artikel cukup sampai di sini. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment