Thursday, December 4, 2014

Review: Mini Wireless Keyboard

Netter, pada kesempatan kali ini kita akan melakukan review terhadap sebuah hardware berupa mini wireless keyboard yang kompatibel untuk digunakan pada laptop, desktop, tablet, projector,maupun smart TV, baik yang menggunakan OS Windows, Mac, Linux, atau Android. Di sini, produk yang digunakan penulis adalah merek iPazzPort, model KP-810-19, keluaran Hongkong.

iPazzPort, model KP-810-19. Sumber foto: ipazzport.com

Sedikit kronologi, barang ini kebetulan adalah pemberian paman penulis—seorang dosen—yang berdomisili di Hongkong. Namun, barang sejenis—meskipun mungkin dengan merek atau model yang berbeda—juga bisa dibeli di Indonesia, dengan kisaran harga 390.000 sampai 900.000 rupiah, tergantung spesifikasi. Untuk lebih jelasnya Anda boleh cek langsung di webstore Amazon atau Lazada, atau tanyakan langsung pada penjual langganan Anda.

My iPazzPort Mini Wireless Keyboard
Sesuai namanya, hardware ini berfungsi sebagai keyboard, dan juga mampu mengontrol gerakan dari pointer mouse melalui sebuah pad berukuran kecil yang ada di sisi kanan. Beberapa produk dengan merek dan model lain bisa saja memiliki struktur yang berbeda, ataupun kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Pad di sisi kanan untuk mengendalikan pointer. Sumber foto: ipazzport.com
 
Untuk cara instalasi, pada sejumlah model mini wireless keyboard modern sudah mendukung plug and play, yang berarti pengguna tidak lagi harus repot-repot melakukan instalasi driver atau software pendukung lainnya. Begitu colok, hardware dapat langsung dihidupkan dan digunakan layaknya keyboard dan mouse pada umumnya. Sebagai perangkat wireless (tanpa kabel), apa yang dicolok pada komputer/laptop hanya berupa sebuah USB dongle—benda berukuran sangat kecil yang berfungsi sebagai konektor antara hardware dan komputer/laptop. Untuk pasokan daya bagi mini wireless keyboard sendiri, menggunakan dua buah baterai model 3A, atau yang biasanya digunakan untuk remote televisi dan perangkat audio.

Sebelum dicolok, USB gongle tersimpan di balik kover baterai. Sumber foto: i.ebayimg.com
Berbekal dua buah baterai model 3A, rata-rata mini wireless keyboard memiliki masa standby selama 3 bulan, sebelum kemudian Anda harus menggantinya dengan baterai baru, atau melakukan pengisian ulang terhadap baterai yang sudah habis daya. Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah tidak semua baterai 3A dapat melakukan pengisian daya ulang, kecuali yang memang diproduksi dengan dukungan rechargeable. Baterai 3A rechargeable memiliki harga sedikit lebih mahal dibanding 3A biasa, berkisar 45.000 rupiah. Untuk charge yang digunakan, ada yang sudah sepaket dengan mini wireless keyboard, atau Anda dapat membelinya secara terpisah (jika tidak sepaket). Kalau yang satu ini, 7 tahun lalu harganya berkisar 50.000 rupiah, tidak termasuk baterai rechargeable. Sekarang berkisar 100.000 ribu rupiah.

Charge. Sumber foto: tokoone.com
Seberapa dibutuhkankah sebuah mini wireless keyboard? Ya, pada dasarnya mini wireless keyboard memang bukan hardware wajib untuk sebuah komputer/laptop, apalagi kita semua tentu telah memiliki keyboard dan mouse—atau keypad—untuk melakukan berbagai aktivitas bersama komputer/laptop. Namun, jangan buru-buru memvonis hardware ini sia-sia belaka. Dalam kondisi tertentu, dengan ukurannya yang relatif mungil, nyaman digenggaman maupun disimpan di kantong, respons baik tanpa delay, dan yang pasti fiturnya yang lengkap serta jangkauannya yang mampu mencapai 10 meter, mini wireless keyboard akan sangat bermanfaat, bahkan melebihi manfaat dari sebuah keyboard atau mouse klasik.

Spesifikasi. Sumber foto: ipazzport.com
Untuk kepentingan gaming atau multimedia, baik menonton film atau mendengarkan musik melalui komputer/laptop, kini Anda tak harus menempel di depan monitor lagi. Menyetel volume, next, stop, skip, dan perintah-perintah umum lainnya juga dapat dilakukan hanya dengan mini wireless keyboard. Selain itu—seperti yang dijelaskan sebelumnya—mini wireless keyboard juga kompatibel digunakan pada smart TV, tablet, dan juga proyektor. Untuk kepentingan presentasi seperti mengganti tampilan pada monitor, menunjuk suatu objek atau coret-coret—seperti yang sering dilakukan Mario Teguh—mini wireless keyboard juga dapat diandalkan.

Menawarkan multi fungsi. Sumber foto: ipazzport.com
 
Sedikit kekurangan mungkin hanya terletak pada tombol qwerty yang kurang empuk, sehingga kurang cocok digunakan untuk mengetik dalam kecepatan tinggi. Meskipun demikian, mini wireless keyboard akan sangat bermanfaat sebagai sebuah keyboard alternatif, atau alat pendukung yang mana tahu sewaktu-waktu akan sangat dibutuhkan.
Fitur tambahan yang ada pada KP-810-19 ialah flashlight yang terdapat di bagian sisi kanan body. Overall, mini wireless keyboard cukup bermanfaat!

Reviewer: Lea Willsen

1 comment:

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan terutama kanker endometrium
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamatemasmitoha.com/pengobatan-kanker-endometrium/

    ReplyDelete