Wednesday, December 31, 2014

Cara Mengompres Ukuran File Ms Word

Hampir semua dari kita pernah bekerja dengan program Ms Word atau Microsoft Office Word. File yang dihasilkan Ms Word—doc atau docx—mungkin adalah type file yang selama ini dikenal dengan ukurannya yang relatif ringan, sekitar puluhan KB saja. Tetapi, dalam kondisi tertentu, misalkan banyaknya lampiran gambar, file Ms Word bisa saja membengkak menjadi puluhan atau ratusan MB.
Selain memakan banyak ruang penyimpanan, susah ditransfer via internet, juga rawan mengalami kerusakan dan membuat respons komputer menjadi lambat. Untuk itu, di sini kita akan mempelajari cara untuk menurunkan berat file Ms Word hingga setengah, atau lebih (tergantung opsi yang dipilih serta kondisi file bersangkutan).
1.    Buka file bersangkutan.
2.    Klik salah satu foto yang ada.
3.    Perhatikan tab di atas yang biasanya ada File, Insert, Page Layout, dan lainnya, lalu pilih tab Format.
4.    Pada kolom Adjust yang berada paling depan, pilih Compress Pictures.
5.    Sebuah jendela kecil akan terbuka. Pilih All pictures in document untuk Apply to, dan Web/Screen (kualitas web) atau Print (kualitas cetak) untuk Change resolution. Standar untuk kualitas gambar yang tetap terjaga adalah memilih Print. Sementara bila memilih Web/Screen, umumnya kualitas gambar akan menjadi buruk, meskipun tetap berbanding dengan manfaatnya yang lebih mampu menurunkan ukuran file secara drastis dibanding memilih Print.
6.    Klik OK untuk menutup jendela.
7.    Save file.
Silakan cek kembali ukuran file Ms Word Anda. Sudah berkurangkah?!

No comments:

Post a Comment